Bali Travel Guide; Where it all always begins.

Scroll down to content

I never go to a place more than twice, but bali, is my exception.

Gak hanya karena jaraknya yang dekat, tapi Bali juga masih tetap menjadi destinasi nomor satu di Indonesia. Berbeda dengan trip-trip saya yang sebelumnya, trip saya di Bali kali ini lebih tersusun rapih dengan beberapa daerah yang menjadi destinasi saya kali ini. Gak hanya itu, Bali juga selalu menjadi awal baru untuk saya.  Curious on what always started in Bali? wait for my year end review! :p

Kali ini saya juga gak hanya akan cerita tempat apa aja yang saya kunjungi, apa aja yang saya lakukan tapi di post lain-nya saya akan share bagaimana saya menyusun plan liburan! excited? yes you should be! hehehehe.

Hari itu saya pergi di tengah-tengah weekdays, masih selalu dengan tujuan yang sama karena kalau weekend akan penuh dimana-mana. Flight saya dari bandung waktu itu sekitar jam satu siang, dan harap-harap cemas karena sayang sekali kalau sisa waktu gak dimanfaatkan, maka sesampainya saya di Bali saya langsung pergi menuju The Lawn Canggu untuk merasakan Sunset langsung di hari pertama. Oh, untungnya mobil yang kami sewa sudah sampai di bandara sebelum kami landing jadi tidak ada ke-drama-an untuk transportasi :p

What i always said that time was; ini betul-betul mengejar matahari, saya masih ingat perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam, dan saya baru bisa pergi dari airport jam lima sore sedangkan sunset biasanya berlangsung sekitar jam enam. Entah kalkulasi dari mana tapi yang saya lihat, matahari sudah 45 derajat dan harus segera dikejar! Untungnya sunset di The Lawn Canggu hari itu benar-benar cantik, You can see the photos here and you’ll be completely agree with me!

Kami gak mau melewatkan setiap detik dari liburan kali ini, dan menghabiskan waktu di The Lawn Canggu hingga berjam-jam sebelum akhirnya kami pergi ke tempat kami menginap. Tetap dengan metode menginap di Bali dimana hari terakhir akan digunakan untuk bersantai-santai, tempat pertama kami menginap di Clio Bali Apartment, yang detailnya akan diceritakan di post selanjutnya! Karena sesampainya di hotel sudah hampir jam sepuluh malam, dimana destinasi selanjutnya tutup jam sepuluh maka kami memutuskan untuk jalan-jalan melihat sekitar hotel. Untungnya Clio Bali Apartment ini berada di daerah Seminyak, where every meter you stroll is worth the view!

TWO

Trip saya kali ini hanya berfokus pada beach bar dan tempat-tempat baru di Seminyak, karena sudah lama sekali dari terakhir saya pergi-pergi, mungkin sudah hampir setahun, jadi bali is my startting and adapting phase untuk kembali pergi-pergi :p jadi semua yang disusun tujuannya memang untuk santai and enjoying every-second as possible. Lanjut di pagi hari, Clio Bali Apartment sudah menyediakan sarapan, jadi gak perlu cari sarapan keluar di dua hari pertama. Setelah selesai untuk foto-foto sekeliling hotel, uhuk, iyah kufoto dulu ehehehe, selanjutnya destinasi kali ini adalah….. La Brisa Bali! Ku mau duduk ditemani angin sepoi-sepoi sambil baca buku dengan melihat laut luas didepan sana! hahaha. Kali ini saya juga gak lupa bawa buku, the only way i could enjoy my trip.. ❤

Tips lanjutan untuk pergi-pergi nan damai, selain pergi saat weekdays; pergi juga tepat saat tempatnya baru buka (re: opening hour) karena selain sepi, kamu bisa pilih seat dimana saja, dan karena Bali sekarang udah jauh lebih ramai dari pada dulu, jadi sekitar satu sampai dua jam setelah opening hour pun sudah mulai penuh, so yes you better noted this. Lanjut, La Brisa Bali is all mine! Hmmm, penasaran La Brissa Bali atmosphere-nya kayak gimana and what i did there? lanjut lagi yah nanti di post selanjutnya! jangan gemez yaaa! hehehe.

Di trip ini juga saya belajar bahwa, saya gabisa cuma spare waktu dua jam di setiap tempat karena kenyataannya saya stay di La Brisa Bali hingga berjam-jam dan sudah kelewat jauh waktunya untuk makan siang! masih didaerah canggu dan gak terlalu jauh dari La Brisa Bali kali ini makan siang di Milu by Nook, masih salah satu team dari Nook Bali yang biasa dikenal dengan ambience-nya yang sejuk, bernuansa alam dan gak jarang juga bisa melihat ricefields!

Kembali ke sekitaran seminyak sebelum kembali lagi untuk berburu sunset, siang itu Bali betul-betul panas! sampe-sampe mba-mba yang kasih kami menu di Milu bilang Bali tumben banget sepanas ini! Saya menyempatkan untuk melihat satu tempat yang lagi jadi sorotan banget! Di jalan kesukaan saya juga, yang ternyata Kayu Aya itu panjang banget, kali ini saya berkunjung ke Kim Soo! for everyone who knows me better, they know how much im obsessed with all the Home Decor Store! jadi buat saya sih ke Kim Soo itu plan wajib.

Lanjut dengan kejadian yang sepertinya gak akan saya lupakan, saat-saat lelah di hari pertama, saya memecahkan gelas yang baru saja di taruh di atas meja. I never been that clumsy, ever… Tapi baiknya, pesanan saya di replace dengan yang baru dan WooBar menenangkan saya kalau it’s all fine.. Yes, i’m back on W! Saya rasa ini akan jadi my base-spot setiap ke Bali, karena setiap saya kesini sunsetnya gak pernah fail dan selalu bagus! Dan lagi-lagi i just sit there for hours and go back home long after the sun gone.

Be-sok-nya, menunggu transisi dari checkout ke tempat yang baru, saya memutuskan untuk coba satu tempat kopi yang sedang banyak didatangi oleh orang-orang, but im pretty sure its because the-mozt-femez-indonesian-singer sering berkunjung kesana and that’s how tempat ini sekarang jadi salah satu spot juga. It’s not bad untuk menunggu transisi check-in, meskipun matahari bali yang sedang terik sekali tapi duduk di lantai atas titik temu bisa mengatasi panas bali, karena angin sepoi-sepoi yang can help you to chilled your souls out. Ehehehe! Dan hingga akhirnya finally pindah on a new boutiqe villa, Mokko Suites Bali, that yes, ill gotta share it later about the detail.

Tips lainnya adalah, i dont eat unless i was intended to eat when im going to someplaces. Jadi kalau memang hanya ingin sekedar santai-santai dan lihat sunset saya biasanya makan dulu diluar sebelum ataupun sesudah dari tempat tersebut. This is how to mantain the budget karena to be honest either beachbar gak menyediakan makanan berat or it just too expensive cuma sekedar untuk makan dan nunggu sunset, sorry beach bar, not sorry! Jadi di Rockbar yang baru kali ini saya datangi, dan karena sabtu malam pasti penuh, saya biasanya pesan beverages dan snacks.

Nah seperti ke Nook, karena memang sudah saya schedule untuk sarapan disini, saya betulbetul have my breakfast! Hahaha.. sebelum pergi ke ubud yang saya gak tau kenapa selalu singkat sampai-sampai saya gak ada yang bisa di perlihatkan mengenai ubud di sini, but i could give you recommendation! Di schedule saya kemarin seharusnya saya ke Monkey Forest dan Bukit yang sedang banyak didatangi! Campuhan Ridgewalk, dan lunch on Ubud’s atmosphere. Tapi karena cuaca juga gak mendukung, maka akhirnya kami kembali turun kebawah, resting the legs for a moment dan kembali strolling seminyak! Dan dinner on a fancy jappanesse cuisine! Yang kusuka meskipun conceptnya terlebih ke fancy dan relaxing dinner, pricelist di Dahana ternyata gak semahal yang saya kira! Ambience-nya enak dan cozy banget!

Hari terakhir, yang sedih banget karena harus kembali lagi ke bandung, digunakan untuk pergi ke Tanah Lot, yang untungnya sudah pergi dari siang karena pas banget sore hari turun hujan yang sangat deras, lalu beli sedikit makanan khas Bali, jalan-jalan ke beachwalk Kuta dan terakhir fancy dinner di Kilo Kitchen!